Penyakit Menular Seksual Sifilis

Penyakit Menular Seksual Sifilis

Penyakit Menular Seksual Sifilis

Penyakit Menular Seksual Sifilis

Apa sifilis?

Sipilis adalah penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang jika tidak diobati dengan benar. Gejala penyakit ini dibagi menjadi bebrapa Tahap. Tahap primer, sekunder, tersier, dan tahap laten

Bagaimana sifilis menular?
  1. Berhubungan seks dengan penderita sipilis
  2. Berhubungan seks dengan beganti ganti pasangan
  3. Bersenggama dengan wanita saat menstruasi atau menstruasi belum besih
  4. Wanita hamil menularkan pada bayinya

Bagaimana mencegah Sipilis?
  • jangan berhubungan intim dengan penderita penyakit Klamidia
  • Jangan berganti ganti pasangan seksual ( monogami)
  • Gunakanlah Kondom saat berhubungan dengan orang yeng belum jelas riwayat seksualnya

Bagaimana Gejala Sipilis

Beberapa tahap penyakit sipilsi

Tahap Primer
Gejala yang pertama atau tahap primer ini biasanya akan muncul luka di bagian kelamin .Terlihat jelas berbentuk bulat tapi tidak ada rasa sakit.Dan gejala seperti ini akan hilang dalam waktu 3 - 6 minggu.

Tahap sekunder
Selama tahap sekunder, Anda mungkin memiliki ruam kulit dan / atau luka di mulut Anda, vagina, atau anus (juga disebut lesi selaput lendir). Tahap ini biasanya dimulai dengan ruam pada satu atau lebih area tubuh Anda. Ruam dapat muncul ketika luka yang pertama anda dapatkan (tahap primer) setelah berberapa minggu hilang . Ruam dapat terlihat seperti kasar, merah, atau bintik-bintik coklat kemerahan pada telapak tangan Anda dan / atau bagian bawah kaki. Gejala lain yang mungkin Anda miliki dapat berupa demam, kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok , sakit kepala, kehilangan berat badan, nyeri otot, dan kelelahan (merasa sangat lelah). 

Tahapan tersier dan laten
Tahap laten sifilis dimulai ketika semua gejala Anda sebelumnya menghilang. Jika Anda tidak melakukan pengobatan,maka penyakit ini akan berdiam di tubuh anda selama bertahun tahuan tanpa menunjukan gejala sama sekali. Dan ini geja sipilis tahap akhir  kesulitan koordinasi gerakan otot , kelumpuhan (tidak mampu bergerak bagian-bagian tertentu dari tubuh ), mati rasa, kebutaan, dan demensia (gangguan mental). Pada tahap akhir dari sifilis, kerusakan penyakit organ internal dan dapat mengakibatkan kematian.

Infeksi sipilis disebut 'awal' kasus jika pasien telah terinfeksi selama satu tahun atau kurang, seperti pada tahap primer atau sekunder dari sipilis.

Bagaimana Mendiagnosa Sipilis?

Tes darah dapat dilakuakn untuk menguji terjangkitnya sipilis.atau bisa juga menguji cairan dari luka sipilis.

Pengobatan Sipilis

dengan melakukan pengobatan sejak dini maka kemungkinan besar penyakit ini akan sembuh total.
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Advertiser